Thursday, December 11, 2008

Penelitian OBSERVASI

OBSERVASI

Observasi merupakan suatu metode penelitian. Instrumen yang digunakan di dalam observasi di antaranya pedoman observasi. Di dalam observasi peneliti menyiapkan instrumen penelitian yaitu pedoman observasi. Pedoman observasi ini dapat berupa daftar yang dapat dicek (ceklis).

Sungguhpun pedoman observasi telah disiapkan, ada kalanya peneliti mendapati hal-hal yang baru, yaitu yang tidak ada di dalam ceklisnya. Dalam hal ini peneliti mesti menuliskan hal-hal yang baru itu di dalam catatannya (mungkin di kolom keterangan atau di bawah forumulir pedoman observasi.

Ada kalanya observasi itu dilakukan sebagai pelengkap penelitian utama. Ketika penelitian mengutamakan pengambilan data pada teknik tes dengan suatu metode statistika, observasi dapat menjadi pelengkap teknik tes itu. Penelitian seperti ini melihat tes sebagai data utamanya.

Pada penelitian lain, observasi bisa saja merupakan pekerjaan utama dalam memperoleh data penelitian. Peneliti sendirilah yang menentukan wilayah garapan penelitiannya. Biasanya wilayah ini akan melibatkan ketertarikan masyarakat dan sisi komersil dari penelitian ini. Beberapa universitas berbadan hukum milik negara berusaha mematenkan penelitian-penelitiannya.

0 comments: