Thursday, November 13, 2008

Ketidakadilan EFEK KRISIS EKONOMI AMERIKA: KETIDAKADILAN

EFEK KRISIS EKONOMI AMERIKA: KETIDAKADILAN


Krisis ekonomi di Amerika menyebkan ketidakadilan. Contohnya harga barang-barang impor sekarang naik. Harga kredit mobil naik. Kemungkinan harga barang-barang impor lain pun seperti telepon selular, komputer dan motor akan naik.

Di sisi lain terdapat berita harga-harga ekspor malah ditekan jatuh. Harga hasil komoditi perkebunan unggul Indonesia seperti kelapa sawit dan karet ditekan jatuh. Kelapa sawit yang harga pasarannya IDR 1800 per kilogram kini ditawar hingga IDR 300 per kilogram.

Ini adalah ketidakadilan. Kerusakan yang disebabkan oleh negara-negara besar mesti ditanggung negara-negara berkembang. Impor mobil dijual mahal sedangkan ekspor kelapa sawit ditawar murah. Sejak dahulu orang kecil selalu diinjak-injak. Hal ini tidak boleh terjadi karena kelapa sawit sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Semua orang makan makanan yang digoreng: tahu digoreng, ayam digoreng, kerupuk digoreng, telur digoreng, daging sapi digoreng (digepuk), gule kambing pun menggunakan minyak goreng. Mengapa perusahaan-perusahaan minyak yang besar itu menawar rendah? Padahal pasaran di Indonesia sama sekali tidak goyah. Masyarakat di Indonesia masih mampu membeli minyak goreng sekalipun perusahan-perusahaan minyak goreng menaikkan harganya karena harga minyak goreng di dunia naik.

Apa yang mesti dilakukan oleh masyarakat? Yang mesti dilakukan oleh masyarakat adalah menyetop pembelian barang impor (misalnya telepon selular, komputer atau motor) dan menolak menjual kelapa sawit dengan harga murah.

0 comments: