Monday, November 24, 2008

Cerita Nabi NABI ISA YANG UMI

NABI ISA YANG UMI

Nabi Isa sebagaimana Nabi Muhammad adalah nabi yang umi. Sebagian ulama berpendapat bahwa umi bermakna tidak bisa membaca dan menulis. Sebagian ulama lagi berpendapat bahwa umi berarti mengetahui sebelum diajari atau weruh sadurung winarah.

Ketika Nabi Isa masih kecil, Maryam membawa Nabi Isa kepada seorang guru untuk diajari. Kepada guru itu Maryam berkata, “Tolong ajari anak ini.” Guru itu pun memandang Nabi Isa dan berkata, “Coba sebutkan nama-nama abjad!” Nabi Isa berkata, “Guru tahukah engkau nama-nama abjad itu?” Guru ini mengambil rotan dan memukul Nabi Isa. Ia berkata kepada Nabi Isa, “Jawab saja, sebutkan nama-nama abjad!” Nabi Isa berkata, “Guru janganlah engkau memukul. Kalau engkau tahu, katakanlah bahwa engkau tahu. Kalau engkau tidak tahu aku akan menyebutkan nama-nama abjad.” Kemudian Nabi Isa menyebutkan nama-nama abjad seluruhnya hingga membuat gurunya kagum. Mendengar jawaban Nabi Isa ini, guru ini berkata kepada Maryam, “Bawa kembali anak ini. Ia tidak perlu diajari.”

Cerita yang menakjubkan ini mempunyai kemiripan dengan cerita-cerita Hindu. Krisna dan Rama dianggap sebagai umi atau weruh sadurung winarah.

0 comments: