Tuesday, January 26, 2010

Kesehatan MENGHITUNG BERAT BADAN IDEAL

MENGHITUNG BERAT BADAN IDEAL

Berat badan ideal (BBI) atau body mass index (BMI) dapat diukur dengan kalkulasi biasa. Biasanya pembelajar atau mahasiswa kedokteran, pendidikan olah raga atau pendidikan jasmani mampu menghitung berat badan ideal. Variabel yang digunakan untuk menghitung berat badan ideal itu adalah tinggi badan dana berat badan. Ada pula variabel lain yang dapat menentukan yaitu umur. Biasanya semakin bertambah umur, berat badan juga semakin bertambah.

Di internet pun ada program-program diet yang menjanjikan berat tubuh menjadi ideal. Biasanya, program diet itu menawarkan makanan atau minuman. Pada saat ini manusia harus berhati-hati mengkonsumsi makanan minuman. Ketika Imam Jafar Shodiq ditanya oleh seorang dokter yang datang dari jauh yaitu dari India, dokter ini menanyakan, "Wahai, Putra Rasulullah, adakah ayat dalam Al Quran yang membicarakan masalah kesehatan?" Imam Jafar menjawab, "Ayat itu hanya satu yaitu 'falyanzuril insanu ila toamih', yang berarti hendaknya manusia berhati-hati akan makanannya."

Dokter ini pun kembali dan bertahun-tahun merenung tentang ucapan Imam Jafar Shodiq. Ia mendapati bahwa sehat dan sembuhnya manusia sebagiannya akan ditentukan oleh makanannya. Sebagian lagi akan ditentukan oleh penularan (udara, persentuhan). Tetapi sakit manusia akan disembuhkan oleh makanan dan minuman yang dikonsumsinya.

Imam Jafar Shodiq adalah putra Muhammad Albaqir, putra Ali Zainal Abidin, putra Husain Asyahid, putra Ali bin Abi Thalib Amirul Mukminin dari Fatimah Azahra, putri Rasulullah saw.

Berikut ini adalah cara menghitung berat badan ideal.


Lap Band

0 comments: