Thursday, July 30, 2009

Catur PENGEMBANGAN ATAU PENYERANGAN

PENGEMBANGAN ATAU PENYERANGAN

Pengembangan (developing) dalam catur berarti memindahkan buah catur untuk mengatur strategi penyerangan sekaligus pertahanan. Bidak akan menyusun daerah pertahanan dan perwira-perwira akan berkonsentrasi pada penyerangan dan pertahanan. Pengembangan dilakukan sampai pada suatu saat, pemain catur akan memutuskan untuk menyerang.

Penyerangan (attacking) dilakukan ketika pemain melihat peluang. Penyerangan tidaklah semata-mata mengejar skak mat. Situasi-situasi penyerangan di antaranya ketika posisi raja telah blokade (castling kingside or castling queenside) atau sebelum blokade.

Penyerangan dapat dilakukan dengan upaya untuk membuka pertahanan raja. Bila di depan raja ada bidak, maka diupayakan untuk menyerang bidak itu. Bila bidak di depan raja hilang, pertahanan raja pun terbuka.

Penyerangan pun dapat dilakukan sebelum blokade dengan mencegah lawan bisa melakukan blokade. Pencegahan blokade ialah dengan menyerang jalur blokade lawan (jalur raja atau jalur ratu). Dengan begitu raja akan terjebak di tengah permainan dan dapat diserang.

0 comments: