Thursday, December 31, 2009

Penelitian LAPORAN PENELITIAN

Laporan Penelitian

Laporan penelitian didasarkan pada masalah yang akan diteliti. Pada penelitian pendidikan masalah-masalah yang dikaji pun berkenaan dengan pendidikan di antaranya prestasi pembelajar, kinerja pembelajar, pengembangan media, penggunaan media dan lain-lain. Penelitian lainnya dapat berkenaan dengan penemuan hukum, hukum ilmiah, barang, bahan dan lain-lain.

Pada penelitian pendidikan, seorang peneliti dapat mengambil data dengan tes dan nontes (misalnya observasi). Peneliti dapat menganalisis data secara kualitatif atau kuantitatif.

Penelitian kuantitatif diyakini oleh sebagian pakar berujung pada teknik-teknik statistik. Di sisi lain, penelitian kualitatif biasanya tidak berujung pada teknik-teknik statistik. Sekalipun demikian, penelitian kualitatif pun tidak haram menggunakan rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah, standar deviasi untuk melengkapi penelitiannya.

Teknik-teknik statistik kadang-kadang ditakuti oleh para peneliti muda atau calon peneliti (mahasiswa) karena mereka tidak menguasai teknik statistik ini. Pada zaman sekarang, begitu bertebaran buku-buku statistik yang dapat mencerdaskan mahasiswa yang ingin belajar statistik.

Penelitian tindakan kelas tidaklah mutlak harus kualitatif atau kuantitatif. Penelitian pendidikan pun tidaklah mutlak harus kuantitatif atau kualitatif. Kecenderungan peneliti pada salah satu pendekatan itulah yang mendorongnya memilih salah satu pendekatan itu (kuantitatif atau kualitatif). Di samping itu masalah penelitian itu sendirilah yang mendorong peneliti untuk cenderung pada salah satu pendekatan itu.

0 comments: