Friday, August 14, 2009

Catur WAKTU, MATERI, KUALITAS

WAKTU, MATERI, KUALITAS
TIME, MATERIAL, QUALITY


GM Josh Waitzkin mengatakan dengan mengutip GM sebelumnya bahwa dimensi kemenangan dalam permainan catur ditentukan oleh waktu, materi, kualitas (time, material, quality).

Waktu merupakan kesempatan pemain untuk menyerang (aktif) atau bertahan (pasif). Jika putih mempunyai cukup waktu untuk menyerang, hitam tak mempunyai cukup waktu untuk bertahan, atau sama-sama menyerang (lomba / race). Pemain mesti memperhitungkan bahwa ia mempunyai cukup waktu untuk menyerang atau masih dalam perkembangan buah catur (pawn development).

Materi merupakan jumlah buah catur yang dimiliki pemain. Perbedaan jumlah buah catur akan mempengaruhi permainan karena pemain yang memiliki buah catur lebih banyak cenderung untuk mengorbankan buah caturnya. Bila seorang pemain catur memiliki perwira lebih banyak daripada pemain lawan, ia akan dengan senang hati menukar (trade) perwiranya dengan perwira lawan.

Kualitas merupakan susunan bidak atau posisi buah catur. Kualitas ini berelasi erat dengan waktu. Jika kualitas buah catur seorang pemain baik, bisa jadi lawan tak punya waktu untuk menyerang atau tak akan berani untuk mengorbankan materinya. Posisi bidak sangat penting untuk pertahanan, penyerangan atau promosi (passed pawn menjadi ratu / menteri / queen). Posisi para perwira catur juga penting untuk menyerang atau bertahan. Posisi raja jelas penting untuk bertahan atau ikut menyerang pada akhir permainan (end game). Kualitas ini juga berarti posisi bidak yang disebut pulau bidak (pawn island). Makin banyak pulau bidak, pertahanan cenderung semakin lemah.

0 comments: