Wednesday, April 29, 2009

Penelitian BEKERJA BERSAMA GURU BESAR

BEKERJA BERSAMA GURU BESAR

Salah satu pengalaman yang berharga ketika belajar di perguruan tinggi adalah bekerja bersama guru besar. Pekerjaan-pekerjaan yang bisa dilakukan mahasiswa di antaranya membuat buku (juga bimbingan skripsi), mengajar (menjadi asisten), penelitian atau studi lapangan.

Di sebuah universitas banyak sekali guru besar yang menjadi barometer pengajaran di perguruan tinggi itu. Beberapa guru besar yang bisa disebut di antaranya Prof. Dr. Ahmad Slamet Harjasujana, M.A., Prof. Dr. Syamsuddin AR., M.S., Prof. Dr. Kosadi Hidayat S., M.Pd., Prof. Dr. Yus Rusyana, Prof. Dr. Jus Badudu. Beberapa nama di universitas merupakan doktor yang ahli dalam bidangnya, di antaranya Dr. Vismaia S. Damaianti.

Di dalam kerja sama itu pengalaman yang berharga bisa diperoleh pembelajar. Di dalam proyek pembuatan buku, pembelajar (mahasiswa) bisa belajar banyak hal, mulai dari ejaan, materi, pengetikan, penyuntingan dan lain-lain. Di dalam proyek pengajaran, tentu saja pengalaman mengajar guru besar dapat ditransfer oleh para pembelajar dan asistennya.

Di perguruan tinggi, para pembelajar telah dewasa dan mandiri. Mereka bisa mengerti dengan cepat saran-saran dari guru. Pembelajar ini bukan lagi murid-murid sekolah dasar yang masih pantas disuapi. Bahkan pembelajar di perguruan tinggi dapat memberi masukan yang berharga. Kemampuan pembelajar di perguruan tinggi mirip sekali dengan kemampuan seorang profesional. Guru besar acap kali memanfaatkan kemampuan mereka di dalam proyek-proyek penelitiannya.

Pengalaman bekerja dengan guru besar merupakan pengalaman yang sangat menarik. Semakin lama bekerja sama dengan guru besar semakin banyak pengalaman yang dapat diperoleh. Tentu saja seseorang berharap bahwa pengalaman yang diperolehnya merupakan pengalaman yang berharga, bukan pengalaman yang buruk, menyakitkan dan penuh kejahatan dan penipuan.

Pengajar di perguruan tinggi maupun di instansi di bawahnya diharapkan menjadi intelektual publik yang dapat bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya. Demikian pula pengajar di perguruan tinggi semestinya dapat membimbing mahasiswa melakukan penelitian (skripsinya). Skripsi di bawah bimbingan pengajar yang profesional akan memberikan sumbangan bagi perkembangan pengetahuan.

0 comments: