Tuesday, October 14, 2008

Ketidakadilan PILKADA DAN DONATUR CALONNYA

PILKADA DAN DONATUR CALONNYA

Pemilihan pimpinan daerah (bupati, walikota maupun gubernur) tidak lepas dari kampanye yang menguras banyak uang. Biasanya calon pimpinan daerah ini didukung oleh sejumlah perusahaan. Bila calon pimpinan daerah ini menang, perusahaan ini akan diuntungkan dengan perolehan tender perdagangan di daerah tersebut.

Dari sebuah berita, diketahui pemilihan pimpinan daerah di Kalimantan Timur didukung oleh sejumlah perusahaan. Perusahaan ini nantinya akan mempunyai hak untuk mengelola pengolahan batu bara di Kalimantan Timur. Bisa saja sebuah perusahaan mendukung seluruh calon dengan harapan, siapapun yang menang, perusahaan ini akan ketiban rezeki dengan perolehan tender dari daerah tersebut.

Akibatnya eksplorasi batu bara di Kalimantan Timur sangat besar-besaran. Eksplorasi ini juga mengutamakan ekspor daripada konsumsi dalam negeri karena konsumsi ekspor lebih menguntungkan daripada dijual di dalam negeri. Misalnya bila di dalam negeri dijual IDR 6k sedang di luar negeri dijual IDR 10k, perusahaan ini jelas lebih menginginkan menjual batu bara di luar negeri karena keuntungannya lebih besar.

0 comments: