Friday, September 19, 2008

Perjalanan UMBI CILEMBU

UMBI CILEMBU, TANJUNGSARI, SUMEDANG

Umbi Cilembu merupakan salah satu produksi pertanian dari Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Propinsi Jawa Barat. Umbi pada umumnya dapat menggantikan nasi sebagai makanan pokok seperti halnya sagu untuk saudara-saudara di Indonesia Timur. Produksi umbi Cilembu ini mengukuhkan kekayaan alam, hasil bumi dan hasil pertanian Indonesia yang dirahmati Allah. Bila di negeri-negeri lain terjadi krisis pangan, Indonesia sama sekali tidak terkena dampaknya.

Umbi Cilembu lebih istimewa daripada umbi biasanya karena umbi ini bila dioven akan mengeluarkan sejenis cairan lengket gula madu yang manis rasanya. Karena itu, umbi Cilembu disebut juga dengan umbi si madu. Bila umbi pada umumnya juga manis, rasa manis umbi Cilembu ini lebih manis dan lengket dengan gula madu. Rasa manis ini membuat tenaga ekstra bagi orang yang mengkonsumsinya, apalagi bila dimakan untuk sahur di bulan Ramadan.

Bila seseorang bepergian dari Bandung menunju Sumedang, penjual umbi Cilembu ini berderet-deret sepanjang jalan Tanjungsari hingga ke awal Cadas Pangeran. Penjulanya juga ada di kiri dan kanan jalan raya. Pada suatu observasi ke sebuah warung, umbi cilembu yang telah masak (dioven) dijual dengan harga IDR 12k atau satu dolar lebih. Ketika ditawar IDR 10k, penjualnya langsung setuju. Bungkuusssss...!

Silakan mampir di warung umbi Cilembu, Tanjungsari.
Berikut ini adalah video warung-warung umbi Cilembu itu.

0 comments: