Monday, June 16, 2008

Proyek MINYAK GORENG

MINYAK GORENG

Pengantar
Sekolah-sekolah dapat membuat proyek-proyek unggulan misalnya menanam padi di dalam pot, membuat minyak goreng, atau mengolah sampah. Hal ini juga dapat dilakukan sekolah yang berbadan hukum milik negara (BHMN). Selain itu pembuatan proyek unggulan dimaksudkan agar masyarakat tidak bergantung pada perusahaan-perusahaan besar. Pengetahuan ini pun menjadi modal seseorang pengajar atau pembelajar untuk bekerja atau berwiraswasta.

Membuat Minyak Goreng
Minyak goreng dapat dibuat dari kelapa yang sudah tua. Kelapa itu diparut kemudian diambil santannya. Santan kelapa itu kemudian dimasak dengan api yang kecil sambil terus diaduk agar masakan santan itu tidak pecah. Setelah dimasak, santan itu akan keluar minyaknya. Ampas kelapa akan menjadi galendo.

Penutup
Bila ada kelapa yang dapat diolah menjadi minyak kelapa, mengapa di sekolah tidak diajari pengolahan pembuatan minyak kelapa? Pada zaman dahulu, memarut kelapa, memasak kelapa dengan api yang kecil dan memasak kelapa sambil mengaduk masakan itu menjadi masalah yang besar. Pada saat ini memarut kelapa tidak menjadi masalah besar karena ada mesin. Memasak dan mengaduk santan yang dimasak pun tidak menjadi masalah besar karena ada kompor yang bagus dan mesin pengaduk. Pekerjaan membuat minyak ini dapat ditanyakan kepada orang-orang tua. Biasanya mereka mengatakan bahwa pekerjaan membuat minyak goreng ini adalah pekerjaan yang berat karena mesti memarut dan memasak dengan api kecil sambil terus mengaduknya. Ada yang mengatakan bahwa lebih baik membeli menjual kelapanya dan membeli minyak goreng buatan pabrik terkenal. Sekalipun demikian, seseorang mesti melihat potensi proyek ini agar dapat dikembangkan oleh masyarakat.

0 comments: