Monday, June 23, 2008

Prosa SINGA, SERIGALA DAN MUSANG

SINGA, SERIGALA DAN MUSANG

Pada suatu hari singa mendapat hidangan berupa kerbau, domba dan ayam. Singa yang sedang sangat lapar itu tengah ditemani sekutunya yaitu serigala dan musang. Ketika hidangan itu ada di hadapan singa, singa berkata kepada serigala. "Wahai serigala, apa pendapatmu tentang hidangan ini?"

Mendengar pertanyaan itu, serigala menjawab, "Yang mulia, Anda berhak untuk mendapatkan yang terbesar dari hidangan ini. Kerbau yang merupakan hidangan paling lezat pantas sebagai bagian Anda. Adapun domba akan menjadi bagian saya, dan ayam menjadi bagian musang."

Mendengar jawaban itu, singa mengeluarkan suaranya yang keras dan sangat mengerikan. "Tidak bisa!" katanya sambil menampar serigala. Tamparan itu membuat mata serigala copot.

Singa lalu berpaling kepada musang dan bertanya, "Coba sekarang aku bertanya kepada engkau, musang. Apa pendapatmu tentang hidangan ini?"

Musang dengan gemetar lalu menjawab, "Yang mulia, Anda berhak untuk mendapatkan kerbau. Kerbau ini pantas Anda santap sebagai sarapan Anda. Adapun domba, pantas untuk Anda santap sebagai makan siang Anda dan ayam pantas Anda santap sebagai makan malam Anda."

Mendengar ini singa berkata dengan senang dan mengeluarkan suaranya yang mengerikan, "Bagus sekali pendapatmu ini, Musang! Pandai sekali kau ini. Belajar dari mana engkau?"

Musang menjawab, "Saya belajar dari mata serigala yang copot tadi." Musang merasa sedikit lega karena jawabannya menyenangkan hati singa.

0 comments: